SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) menurut
Uwe adalah pendidikan kejuruan tingkat dasar yang berorientasi pada praktik dalam
bidang-bidang pertukangan, kesehatan, bisnis, industri, pertanian, transportasi,
pelayanan jasa, kesehatan, teknik, perkapalan, teknologi dan lain sebagainya.
Sedangkan menurut Undang – Undang
No.2 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwasannya Pendidikan kejuruan merupakan
pendidikan yang mempersiapkan perserta didik untuk dapat berkerja dalam bidang tertentu
dan mempersiapkan perserta didiknya untuk memasuki lapangan kerja.
Dapat disimpulkan bahwa SMK adalah
pendidikan yang mempersiapkan perserta didik sebagai calon tenaga kerja dan
mengembangkan eksistensi peserta didik, untuk kepentingan peserta
didik, masyarakat, bangsa dan negara
sesuai dengan jurusan yang dipilihnya.
Bisa disimpulkan peminatan jurusan
SMK adalah proses untuk menfasilitasi peserta didik dalam pemilihan, penempatan
dan penyesuaian dengan jurusan yang diminati agar mampu mempersiapkan dan mengembangkan
potensi sesuai dengan jurusan yang dipilihnya serta mampu menentukan masa depan
tentunya di dunia kerja. Peminatan jurusan ini berorientasi pada praktik seperti
perkapalan, teknik, ekonomi dan bisnis, perkapalan dan lain sebagainya.
Tujuan Pendidikan SMK
Tujuan pendidikan di SMK secara
umum diarahkan untuk memahami dan mempersiapkan diri bahwa :
a) Pendidikan SMK/MAK merupakan pendidikan
untuk menyiapkan siswa menjadi manusia
b) Kemandirian tersebut didasarkan
pada kemantangan pemenuhan potensi dasar, bakat, minat dan keterampilan
pekerjaan/karier
c) Memberikan kesempatan bagi siswa
untuk memilih dan mendalami mata pelajaran tertentu sesuai dengan kecenderungan
dasar bakat, minat siswa
d) Setelah lulus SMK/MAK siswa dapat
bekerja dibidang tertentu sesuai dengan bidang pekerjaan/kejuruan yang telah
dipelajarinya atau melanjutkan.
Adapun dua tujuan peminatan
jurusan menurut kementrian pendidikan yakni sebagai berikut :
a) Tujuan umum
Membantu peserta didik SMA/MA dan
SMK menetapkan minat pilihan kelompok mata pelajaran dan pilihan mata pelajaran
serta pendalaman mata pelajaran yang diikuti pada satuan pendidikan yang sedang
ditempuh, pilihan karir dan/atau pilihan studi lanjutan sampai ke perguruan
tinggi.
b) Tujuan Khusus
Mengarahkan peserta didik SMK
untuk memahami danmempersiapkan diri bahwa :
1) Pendidikan di SMK merupakan
pendidikan untuk menyiapkan peserta didik menjadi manusia dewasa yang mampu
hidup mandiri di masyarakat.
2) Kemandirian tersebut pada
nomor (1) didasarkan pada kematangan pemenuhan potensi dasar, bakat, minat, dan
keterampilan pekerjaan/karir.
3) Kurikulum SMK memberikan
kesempatan bagi peserta didik untuk memilih mata pelajaran program keahlian dan
mendalami materi mata pelajaran program keahlian tertentu sesuai dengan
kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat dan kecenderungan pilihan
masing-masing peserta didik.
4) Setelah tamat dari SMK peserta
didik dapat bekerja di bidang tertentu sesuai dengan bidang studi
keahlian/kejuruan yang telah dipelajarinya, atau melanjutkan pelajaran ke
perguruan tinggi dengan memasuki program studi sesuai dengan pilihan dan
pendalaman materi mata pelajaran sewaktu di SMK
Bisa disimpulkan bahwa tujuan
peminatan jurusan SMK adalah SMK merupakan lembaga jurusan yang menyiapkan
peserta didiknya agar mampu mengembangkan dan mempersiapkan diri sesuai dengan
bakat dan minat; Mampu mendalami materi diutamakan materi praktek/jurusan;
Ketika lulus/tamat SMK, mampu bersaing di DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri).