Pengertian Media Pembelajaran - Media Pembelajaran terdiri atas kata ”media” dan ”pembelajaran”. Media atau medium berasal dari kata latin “Medius” yang berarti ”Tengah”. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa media adalah sesuatu yang menjadi perantara dengan yang lainnya. Dalam bahasa Arab media berarti perantara (Washaail) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Menurut Purnamawati dan Eldarni media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.
Sedangkan menurut Wijaya dan Rusyan, media berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Dapat dikatakan bahwa media dalam pembelajaran berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.
|
Pengertian Media Pembelajaran |
Media sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efesien sesuai dengan yang diharapkan Sadiman, dkk.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menurut Nana Sudjana (2002), bahwa dengan penggunaan media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar mengajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan d apat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.
Menurut Latuheru multimedia adalah suatu kombinasi dariberbagai medium, kombinasi tersebut dapat digunakan untukkepentingan pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran pada saat terjadinya proses belajar mengajar dalam kelas diharapkan dapat mempertinggi minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung.
Hal tersebut dapat mempertinggi motivasi siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Selain hal tersebut dengan penggunaan media pembelajaran maka siswa dapat melihat secara langsung, tidak hanya dengan kata-kata sehingga diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Beberapa definisi menjelaskan tentang fungsi media pembelajaran yakni sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Namun, masih ada fungsi spesifik lain dari penggunaan media pembelajaran. Fungsi media pembelajaran tersebut antara lain:
a. Fungsi Atensi - Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b. Fungsi Afektif - Dapat mengubah emosi dan sikap siswa
c. Fungsi Kognitif - Memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
d. Fungsi Kompensatoris - Memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi