Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“Total Customer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebelum meluncurkan suatu produk baru ke pasar, sebuah perusahaan hendaknya merancang suatu strategi yang baik untuk produk tersebut agar produk yang dihasilkannya dapat mencapai sasaran yang diinginkan. Strategi pemasaran adalah rencana untuk memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yang didasarkan pada riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi dan perencanaan penjualan serta distribusi. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diambil oleh perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing mix).
Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan suatu konsep yang universal dalam strategi pemasaran. Istilah
marketing mix bisa digunakan untuk menggambarkan suatu variabel yang oleh suatu organisasi dipakai untuk menimbulkan pertukaran dengan konsumen. Menurut Kotler, bauran pemasaran merupakan sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju, kunci dari marketing mix ini terdapat dalam 4P yaitu:
1) Product (Produk)
Merupakan bentuk penawaran barang atau jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. Produk disini bisa berwujud fisik maupun tidak, produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan untuk dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi, dan ide.
2) Price (Harga)
Harga merupakan nilai suatu barang dan jasa yang dapat diukur dengan sejumlah uang. Berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak lain. Didalam perusahaan, harga suatu barang atau jasa merupakan penentu bagi permintaan pasar. Harga dapat mempengaruhi posisi persaingan perusahaan.
3) Promotion (Promosi)
Promosi mencerminkan kegiatan-kegiatan yang mengkomunikasikan keunggulan suatu produk dan membujuk konsumen untuk membelinya. Jadi promosi ini merupakan komponen yang dipakai untuk memberikan dan mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan. Tujuan dari promosi itu sendiri untuk menyebarkan informasi tentang produk kepada konsumen, mendapatkan kenaikan penjualan, mendapat pelanggan baru dan menjaga kestabilan penjualan ketika pasar sedang lesu sehingga membentuk citra produk tersebut terhadap konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
4) Place (Tempat)
Tempat menggambarkan kegiatan-kegiatan perusahaan sehingga produk tersebut tersedia untuk konsumen. Kemudahan tempat atau lokasi tersebut menjadi sesuatu yang bisa mempengaruhi keputusan dari konsumen untuk membeli produk tersebut.