Pengertian Proses - Proses ialah semua prosedur aktual, mekanisme dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen proses ini mempunyai arti suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Untuk perusahaan jasa, kerja sama antara pemasaran dan operasional sangat penting dalam elemen proses ini, terutama dalam melayani segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika dilihat dari sudut pandang konsumen, maka kualitas jasa diantaranya dilihat dari bagaimana jasa menghasilkan fungsinya.
Proses dalam jasa merupakan faktor utama dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan sering memasarkan sistem penyerahan jasa sebagai bagian dari jasa itu sendiri. Selain itu, keputusan dalam manajemen operasi adalah sangat penting untuk suksesnya pemasaran jasa.
Seluruh aktifitas kerja adalah proses, proses melibatkan prosedur-prosedur, tugas-tugas, jadwal-jadwal, mekanisme-mekanisme, aktivitas-aktivitas dan rutinitas-rutinitas dengan produk jasa di salurkan pada pelanggan. Identifikasi manajemen proses sebagai aktifitas terpisah adalah prasyarat bagi perbaikan jasa. Pentingnya elemen proses ini khususnya dalam bisnis jasa disebabkan oleh persediaan jasa yang tidak dapat disimpan.
Proses dapat dibedakan dalam dua cara, yaitu:
1. Kompleksitas (komplexity) berhubungan dengan langkah-langkah dan tahapan proses.
2. Keragaman (divergence) berhubungan dengan adanya perubahan dalam langkah-langkah atau tahapan proses.
|
Proses |
Sehubungan dengan dua cara tersebut, terdapat empat alternative mengubah proses yang dapat dipilih, yaitu:
a) Mengurangi keragaman; berarti terjadi pengurangan biaya, peningkatan produktivitas, dan kemudahan distribusi.
b) Menambah keragaman; berarti memperbanyak kostumisasi dan fleksibilitas dalam produksi yang mengakibatkan naiknya harga.
c) Mengurangi kompleksitas, berarti cenderung lebih terspesialisasi.
d) Menambah kompleksitas; berarti lebih cenderung ke penetrasi pasar dengan cara menambah jasa yang diberikan.
Pemasaran memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Sebab melalui proses pemasaran, segala macam barang dan jasa dapat sampai kepada konsumen dan memuaskan keinginannya. Pemasaran juga merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh organisasi atau perorangan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan.