Handout yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini difungsikan sebagai bahan penyertapembelajaran pengelasan dengan proses las MIG dan diharapkan dapat digunakan peserta didik sebagai bahan belajar. Menurut Nurtain handout ada 3 variasi diantaranya:
1) Bentuk catatan: Handoutini menyajikan konsep-konsep, prinsip, gagasan pokok tentang suatu topik yang akan dibahas.
2) Bentuk diagram: Handoutini merupakan suatu bagan, sketsa atau gambar, baik yang dilukis secara lengkap maupun yang belum lengkap.
3) Bentuk catatan dan diagram: Handoutini merupakan gabungan dari bentuk pertama dan kedua.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan handout dipersiapkan guna memperlancar kegiatan belajar mengajar dan bersumber dari literatur dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik.
Fungsi Handout
Menurut Steffen dan Peter Ballstaed (dalam Andi Prastowo, 2011: 80) fungsi handoutantara lain:
1) Membantu peserta didik agar tidak perlu mencatat.
2) Sebagai pendamping penjelasan pendidik
3) Sebagai bahan rujukan peserta didik
4) Memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar
5) Pengingat pokok-pokok materi yang diajarkan
6) Memberi umpan balik
Menurut Davies, kegunaan handoutdapat membantu peserta didik untuk:
1) Memperoleh informasi tambahan yang belum tentu mudah diperoleh secara cepat dari tempat lain.
2) Memberikan rincian prosedur atau teknik pelaksanaan yang terlalu kompleks bila menggunakan media audiovisual.
3) Materi yang terlalu panjang/kompleks yang telah diringkas dalam bentuk catatan yang mudah dipahami.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Handout dapat berisi penjelasan singkat tentang suatu materi atau bahasan menjelaskan kaitan antar topik, memberi pertanyaan dan kegiatan pada para pembacanya, dan juga dapat memberikan umpan balik dan langkah tindak lanjut. Selain itu handout juga dapat melengkapi kekurangan materi atau informasi tambahan yang tidak didapat dalam buku teks atau sumber belajar siswa yang lain.